JudulPengaruh Modul Praktikum Serli Materi Magnet Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Inpres Bumi Sagu |
Nama: ANDINI ZUKHAERINI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Andini Zukhaerini, 2022. Pengaruh Modul Praktikum Serli Materi Magnet Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Inpres Bumi Sagu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah, S.Si., M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modul praktikum serli materi magnet terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres Bumi Sagu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan metode Quasi experimental design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Grup Design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD Inpres Bumi Sagu yang berjumlah 37 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 19 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 18 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan tes pilihan ganda. Analisa data menggunakan uji t dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan berbantuan SPSS Statistics Versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikan 0.000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya modul praktikum serli berpengaruh saat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh saat menggunakan modul praktikum serli materi magnet terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres Bumi Sagu. Kata kunci: Modul Praktikum Serli, Materi Magnet, Hasil Belajar |