JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MELALUI MEDIA VIDEO PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI SDN 4 KALUKUBULA |
Nama: RISALDY DJANUN |
Tahun: 2022 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini yaitu siswa kurang aktif di kelas dan kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa, sehingga hasil belajar siswa belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang sudah ditetapkan disekolah yaitu 75 hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan di SDN 4 Kalukubula masih menggunakan model konvesional yaitu model pembelajaran yang dominan menerapkan metode ceramah. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Project Based Learning melalui media video pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV di SDN 4 Kalukubula. Model Project Based Learning ini terdiri dari enam langkah, yaitu 1) Menentukan Pertanyaan Mendasar, 2) Mendesain Perencanaan Proyek, 3) Menyusun Jadwal, 4) Memonitoring Pembuatan Proyek, 5) Menguji Hasil, 6) Evaluasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis & Tanggart. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 4 Kalukubula yang berjumlah 20 orang. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui lembar pengamatan tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil analisis data yang diperoleh dari tes awal terdapat ketuntasan belajar klasikal sebesar 30%, Siklus I diperoleh hasil belajar ketuntasan belajar klasikal sebesar 65?n Siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 80%. Hasil aktivitas guru Siklus I sebesar 63,52?n hasil aktivitas guru Siklus II sebesar 92,63%. Hasil aktivitas siswa siklus I sebesar 61,11?n hasil aktivitas siswa Siklus II 83,33%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan model Project Based Learning melalui media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV materi Metamorfosis di SDN 4 Kalukubula. |