JudulMeningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Mata Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Di SDN Pombalowo |
Nama: FEBRIANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Pelaksanaan penelitian ini di latar belakangi rendahnya motivasi belajar siswa. Pada mata pembelajaran IPS di kelas IV SDN Pombalowo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis & MC. Taggart. Yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari dua tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV di SDN Pombalowo yang berjumlah 12 orang siswa. dengan 5 orang laki-laki dan 7 orang perempuan adapun instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar. Hasil analisis data yang diperoleh dari tes awal terdapat ketuntasan belajar klasikal sebesar 41,67%, siklus I terdapat ketuntasan belajar klasikal sebesar 58,33%, dan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hasil observasi, pada siklus I guru hanya memperoleh presentase 62,5%, dan meningkat pada siklus II menjadi 83,92%. Aktivitas siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dapat di lihat dari hasil observasi, pada siklus I aktivitas siswa hanya memperoleh presentase 58,92%, dan meningkat pada siklus II menjadi 80,35%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar IPS meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas IV di SDN Pombalowo |