JudulMENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV DI SDN 4 KALUKUBULA |
Nama: APRILLIA AGENG SASMITA PUTRI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Aprillia Ageng Sasmita Putri, 2022. Meningkatkan Kreativitas Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV di SDN 4 Kalukubula. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Abdul Rahman S.Pd.,M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar IPA pada siswa kelas IV di SDN 4 Kalukubula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Meningkatkan kreatifitas belajar IPA menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV SDN 4 Kalukubula. Model Problem Based Learning ini terdiri dari lima langkah, yaitu 1) Orientasi Siswa Pada Masalah, 2) Mengorganisasi Siswa Untuk Belajar, 3) Membimbing Pengalaman Individual/Kelompok, 4) Mengembangkan Dan Menyajikan Hasil Karya, 5) Menganalisis Dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain peneitian Kemmis dan Taggart. Subyek pada penelitian ini yaitu siwa kelas IV SDN 4 Kalukubula yang berjumlah 13 orang. Analisis data terdiri analisis lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan analisis rubrik penilaian kreativitas siswa. Pada siklus I dan siklus II diperoleh ketuntasan kreativitas belajar sebesar 60,10 ?n 89,42%. Hasil aktivitas guru siklus I dan dan siklus II sebesar 54,41?n 85 %. Hasil aktivitas siswa siklus I dan siklus II sebesar 57,14?n 86%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada kelas IV materi daur hidup hewan di SDN 4 Kalukubula. Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Kreativitas Belajar, Mata Pelajaran IPA |