Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI KABONENA
Nama: EKANUR OKTARIA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Ekanur Oktaria, 2021. Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri Kabonena. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Abdul Rahman, S.Pd.,M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri Kabonena. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD Negeri Kabonena yang berjumlah 22 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 11 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 11 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa tes soal pilihan ganda, Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test berbantuan program SPSS Statistics versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya model pembelajaran Discovery Learning efektif digunakan terhadap hasil belajar IPA siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning efektif digunakan terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SD Negeri Kabonena. Kata kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar IPA.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up