JudulPENGARUH PEMBELAJARAN LURING BERBANTUAN MODUL PRAKTIKUM SERLI PADA MATERI LISTRIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD GKST HANGGIRA |
Nama: JEIN SAFRIANTI SODA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Jein Safrianti Soda, 2022. Pengaruh Pembelajaran Luring Berbantuan Modul Praktikum Serli Pada Materi Listrik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD GKST Hanggira. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah, S.Si M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran luring berbantuan modul praktikum serli pada materi listrik terhadap motivasi belajar siswa kelas VI SD GKST Hanggira. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan metode Quasi exsperimental dengan desain Quasi exsperimental design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD GKST Hanggira yang berjumlah 20 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 10 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 10 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa angket, dan analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji independen sampel t-test yang dianalisis menggunakan SPSS Statistics versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,001 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya modul praktikum serli berpengaruh saat digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh pembelajaran luring berbantuan modul pratikum Serli pada materi listrik terhadap motivasi belajar siswa kelas VI SD GKST Hanggira. Kata Kunci : Pembelajaran Luring, Modul Praktikum Serli, Materi Listrik, Motivasi Belajar |