JudulEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NOBANGAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SUKU KAILI TERHADAP NILAI KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA SISWA KELAS V SD INPRES BINANGGA |
Nama: PRILI KARINA LABEDY |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Prili Karina Labedy, 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Terhadap Nilai Karakter Cinta Tanah Air Pada Siswa Kelas V SD Inpres Binangga. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah,S.Si M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Nobangan berbasis permainan tradisional suku kaili terhadap nilai karakter cinta tanah air siswa kelas V SD Inpres Binangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuntitatif eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan desain Nonequivalent Countrol Group Design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Inpres Binangga yang berjumlah 19 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 10 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 9 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa angket, Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test berbantuan program SPSS Statistics versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,002 < 0,05 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya model pembelajaran Nobangan efektif digunakan dalam meningkatkan nilai karakter cinta tanah air siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Nobangan berbasis permainan tradisional suku Kaili efektif digunakan terhadap nilai karakter cinta tanah air pada siswa kelas V SD Inpres Binangga. Kata kunci : Model Pembelajaran Nobangan, Permainan Tradisional Suku Kaili, Nilai Karakter Cinta Tanah Air |