JudulAnalisis Kebutuhan Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 5 SDN 1 Meko |
Nama: HERLISA MARKUS |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Lingkungan apa saja yang dimanfaatkan sebagai sumber belajar kelas V SDN 1 Meko. (2) Bagaimana pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 1 Meko. (3) Apa saja kendala dalam pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan alam. (4) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kendala yang muncul dalam pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 1 Meko. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru dan siswa telah memanfaatkan lingkungan alam sekitar sebagai sumber belajar sesuai kebutuhan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara guru yang menyatakan telah memanfaatkan lingkungan alam sekitar baik lingkungan sekolah maupun lingkungan sekitar tempat tinggal siswa, serta mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi kendala dalam pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan alam. Hal ini juga didukung dengan hasil presentase kuesioner siswa dimana klasifikasi pencapaian siswa dalam memanfaatkan sumber belajar termasuk dalam kategori tinggi yaitu 100?n termasuk dalam kategori tinggi yaitu 100?lam ketersediaan sumber belajar di lingkungan. Dengan demikian, kebutuhan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar kelas V SDN 1 Meko telah terpenuhi dan dimanfaatkan dengan baik. Kata kunci: Pemanfaatan Lingkungan Alam, Sumber Belajar, Pembelajaran IPA |