JudulHUBUNGAN KREATIVITAS GURU MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SBDP KELAS III SDN TOMUI KARYA |
Nama: GUSTAV RIO KOMBUNO |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Gustav Rio Kombuno, 2022. “Hubungan Kreativitas Guru Mengajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBdP Kelas III SDN Tomui Karya”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Yun Ratna Lagandesa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan kreativitas guru mengajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran SBdP kelas III SDN Tomui Karya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 11 orang siswa. Metode penelitian ini jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Dari hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa kreativitas guru mengajar di SDN Tomui Karya termasuk dalam kategori sangat baik, terdapat 7 siswa atau 63,6% yang menyatakan kreativitas guru mengajar sangat baik dan 4 siswa atau 36,4% yang menyatakan kreativitas guru mengajar baik. Sedangkan hasil belajar siswa kelas III termasuk dalam kategori sangat baik, terdapat 9 siswa atau 81,8% yang hasil belajarnya mendapatkan predikat sangat tinggi dan 2 siswa atau 18,2% yang hasil belajarnya mendapat predikat tinggi. Kemudian terdapat hubungan yang signifikan antara krearivitas guru mengajar dengan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari prolehan nilai rhitung > rtabel = 0,766 > 0,602 pada taraf signifikan 95% atau ? = 0,05. Artinya Ha (hipotesis alternatif) diterima dan H0 (hipotesis nol) ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru mengajar dengan hasil belajar siswa kelas III SDN Tomui Karya. Kata Kunci : Kreativitas Guru Mengajar, Hasil Belajar Siswa |