JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD INPRES PALAPI KECAMATAN TAOPA KABUPATEN PARIGI MOUTONG |
Nama: SRI HARTATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK SRI HARTATI, 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Inpres Palapi Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi moutong. Skripsi, program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu ilmu pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Andi Imrah Dewi, S.Pd. M.Sn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS dikelas IV SD Inpres Palapi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2021/2022 dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Palapi yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan wawancara. Instrument penelitian menggunakan soal tes, lembar observasi, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Inpres palapi. Hasil tes saat pratindakan, nilai rata-rata siswa adalah 59,33, banyak siswa yang tuntas 10 siswa sedangkan yang belum tuntas sebanyak 5 siswa. Hasil belum mencapai KKM yaitu 60. Pada siklus I pertemuan I di peroleh peningkatan dengan nilai rata-rata 78,53 Kemudian pada siklus I pertemuan 2 diperoleh peningkatan dengan nilai rata-rata 87 materi membaca peta lingkungan setempat dan siklus II pertemuan I nilai rata-rata menurun menjadi 76,33 kemudian siklus II pertemuan 2 kembali meningkat dengan nilai rata-rata 90,33 materi menghitung skala, jarak peta dan jarak sebenarnya dengan siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Gambar, IPS |