JudulAnalisis Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SDN 5 Sindue Tobata Kabupaten Donggala |
Nama: DEWI NURZAHRA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Dewi Nurzahra, 2024. “Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SDN 5 Sindue Tobata Kabupaten Donggala”. Skripsi, Program Studi Pendidkan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Palu, Pembimbing Dr. Andi Imrah Dewi S. Pd., M.Sn. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I SDN 5 Sindue Tobata Kabupaten Donggala. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian berupa data-data yang tertulis dari orang dan perilaku yang diamati. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I di SDN 5 Sindue Tobata Kabupaten Donggala. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan lima metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara/interview, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum dari 22 orang siswa kelas I SDN 5 Sindue Tobata Kabupaten Donggala ada 10 orang siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Proses penelitian ini dimulai dengan observasi kepada guru kelas I, kemudian memberikan angket kepada guru dan orang tua siswa serta memberikan soal tes kepada siswa, kemudian setelah aspek kesulitan diketahui lalu di amati maka, diketahui kesulitan pada membaca permulaan siswa kelas I SDN 5 Sindue Tobata Kabupaten Donggala yaitu mulai dari kesulitan siswa dalam mengenal huruf, membaca kata, kurang memahami isi bacaan, mengeja terbata-bata, dan sulitnya siswa dalam mendengarkan teks yang dibacakan. Ada 5 orang siswa yang memiliki kesulitan dalam mengenal huruf, 10 0rang siswa kesulitan dalam membaca kata, 8 orang siswa kesulitan membaca dengan nyaring, dan ada 6 orang siswa yang kesulitan dalam menyimak (pemahaman mendengar). Kata kunci: Analisis, Faktor Penghambat, Membaca Permulaan. |