JudulPERAN GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUB TEMA 1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MELALUI PEMBELAJARAN LURING DI KELAS IV SD INPRES 1 TONDO |
Nama: RAHMIATI DAUD |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Rahmiati Daud, 2021 “Peran Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan Sub Tema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku melalui Pembelajaran Luring di Kelas IV SD Inpres 1 Tondo”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran luring di kelas IV SD Inpres 1 Tondo. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Inpres 1 Tondo yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Observasi ini bertujuan mengamati guru dalam mendidik, mengajar dan membimbing siswanya pada saat pembelajaran luring. Angket dibagikan kepada siswa untuk melihat pendapat siswa terkait peran gurunya selama proses pembelajaran luring apakah guru tersebut benar-benar melakukan perannya sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing. Persentase hasil observasi guru pada saat pembelajaran luring adalah 88,9% atau termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil angket peran guru terhadap peningkatan hasil belajar siswa dari 25 pernyataan memperoleh jumlah skor maksimal yaitu 1.500 atau 100% jika 15 responden menjawab sangat setuju. Jumlah skor yang diperoleh dari 15 responden yaitu 1.306 atau 87% termasuk dalam kriteria sangat baik. Hal ini dapat dilihat pada persentase hasil belajar siswa dari 15 orang siswa terdapat 8 siswa memperoleh nilai 60,1 – 80,0% atau dalam kategori baik dan 7 siswa memperoleh nilai 80,1 – 100% atau dalam kategori sangat baik. Hal ini cukup membuktikan bahwa guru melakukan ketiga peran tersebut yaitu sebagai pendidik, pengajar, dan pembimbing terlaksana dengan baik kepada murid-murid di kelas IV SD Inpres 1 Tondo. Kata Kunci: Peran Guru, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Luring |