JudulPenerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Di SD Inpres Pelawa |
Nama: TENDRI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Tendri. (2022). Meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran IPS di SD Inpres Pelawa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah. Kurangnya kreativitas guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran dan penyampaian informasi yang terkesan menoton membuat siswa kurang merespon pelajaran, kurang aktif dan kreatif serta pengetahuan yang diperoleh mudah terlupakan sehingga tujuan pembelajaran pada mata pelajaran IPS tidak sesuai harapan dan berdampak pada hasil belajar siswa yang relatif rendah. Pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena dalam proses pembelajaran siswa mempunyai keterlibatan langsung, dan bisa mengkaitkan pelajaran dengan kehidupan dunia nyata yang dipelajarinya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran kontekstual desain penelitian model Kemis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Pelawa yang berjumlah 31 orang. Data dikumpulkan melalui Lembar aktivitas siswa dan aktivitas guru dan tes hasil tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan yang cukup berarti dari siklus I ke siklus II. Tes hasil tindakan siklus I diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 71?n persentase daya serap klasikal 73%. Pada siklus II hasil tes tindakan meningkat diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 93?n persentase daya serap klasikal sebesar 85%. Berdasarkan indikator kinerja, maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelajaran IPS di kelas V SD Inpres Pelawa. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar. |