Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING KELAS IV SDN 1 TALIWAN
Nama: ISNAFIN POENDEI
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Isnafin Poendei.2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining Kelas IV SDN 1 Taliwan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar muatan IPS pada materi Keragaman Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV SDN 1 Taliwan, menggunakan model Student Facilitator and Explaining. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus meliputi beberapa tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Sumber data yang digunakan yaitu kelas IV SDN 1 Taliwan yang berjumlah 17 siswa, penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang di dapatkan berupa hasil belajar siswa pada muatan IPS materi Keragaman Sumber Daya Alam di Tema 6. Hasil ketuntasan belajar klasikal tes awal 47,5%, hasil belajar siklus I sebesar 64,70?n siklus II yaitu 100%. Hal ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, model Student Facilitator and Explaining.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up