JudulPenerapan Pendekatan Matematika Relaistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD GKST Wuasa Pada Materi Operasi Hitung Perkalian |
Nama: GABRIELA SPANIK BOKA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Gabriela Spanik Boka, 2022. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD GKST Wuasa pada Materi Operasi Hitung Perkalian. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusal Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mufidah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperoleh deskripsi hasil belajar siswa kelas 2 SD GKST Wuasa pada materi opeasi hitung perkalian dengan penerapan Pendekatan Matematika Realistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindalkan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD GKST Wuasa tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 13 orang siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah alur desain model Kemmis dan Mc Taggart. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan tes, oservasi, dan dokumnetasi. Sementara teknik analisis data yaitu data kualitatif (data yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa) dan data kuantitatif (data berupa angka-angka yang diperoleh dari hasil evaluasi akhir siswa menggunakan tes). Hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar siswa pada materi operasi hitung perkalian mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I 66,6% pada siklus II meningkat menjadi 81,3%, selain itu hasil observasi siwa meningkat pada siklus I 64?ngan kategori cukup dan siklus II meningkat 85,3?ngan kategori baik; (2) Penerapan Pendekatan Matematika Realistik memudahkan penanaman konsep perkalian kepada siswa; (3) Penggunaan konsep dunia nyata dan media anggota tubuh membuat siswa lebih mudah memahami masalah yang diberikan serta memotivasi siswa untuk lebih dalam membangun pengetahuan untuk menyelesaikan masalah; dan (4) Dengan berkelompok siswa mampu untuk bekerja sama. Kata Kunci : Pendekatan Matematika Realistik, Perkalian, Hasil Belajar Siswa ABSTRACT Gabriela Spanik Boka, 2022. Application of a Realistic Mathematic Approach to Improve the Learning Outcomes of Grade 2 Students of SD GKST Wuasa on Multiplication Counting Operation. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Departement of Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Mufidah Advisor. The study aims to obtain a description of the result of the 2nd grade students of SD GKST Wuasa on the material of multiplication counting operations by applying the Realistic Mathematics Approach. The type of research used is a class follow-up research. The subjects in thus study were grade 2 student of SD GKST Wuasa for the academic year 2021/2022, totaling 13 students. The research design used is the design flow of the Kemmis and Mc Taggart models. Data collection methods are using tests, observation, and documentation. While the data analysis techniques are qualitative data (data obtained from observation sheets of teacher and student activities) and quantitative data (data in the form of numbers obtained from studen’s final evaluation results using tests). The results of this study are : (1) student learning outcomes in the multiplication arithmetic operation material have increased, namely in the first cycle 66,6% in the second cycle increased to 81,3%, in addition to the student observation results increased in the first cycle 64% with the category enough and the second cycle increased by 85,3% with good category; (2) The application of a Realistic Mathematics Approach makes it easier for students to instill the concept of multiplication; (3) The use of real world cencepts and media o limbs makes it easier for students to understand the problem given and motivates students to build deeper knowledge to solve problems; (4) in groups students are able to work together. Keywords : Realistic Mathematics Approach, Multiplication, Student Learning Outcomes |