Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulUPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD INPRES LEMBAH KERAMAT, KECAMATAN TOILI BARAT KABUPATEN BANGGAI
Nama: ISMI LATIFAH
Tahun: 2023
Abstrak
Ismi Latifah, 2022. Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Inpres Lembah Keramat Kec. Toili Barat Kab. Banggai. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Andi Imrah Dewi, S.Pd., M.Sn. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat di simpulkan bahwa guru telah melakukan upaya mengatasi kesulitan belajar matematika siswa dengan baik. Upaya yang dilakukan oleh guru diantaranya: (1) dengan memastikan kesiapan siswa untuk belajar matematika; (2) menggunakan media/alat peraga dalam pembelajaran yang memudahkan pemahaman anak; (3) mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa, agar siswa lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran; (4) tingkat kesulitan masalah sesuai kemampuan siswa; (5) memberikan kebebasan kepada siswa untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan kemampuannya sendiri; (6) menghilangkan rasa takut anak untuk belajar matematika dengan membuat suasana belajar yang menyenangkan. Kata kunci: Upaya guru, Mengatasi kesulitan belajar, Matematika.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up