JudulIDENTIFIKASI PERILAKU HIPERAKTIF SISWA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN KELAS 1 DI SD INPRES 1 LOLU |
Nama: FAUZAN BAHSOAN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Fauzan, 2022. “Identifikasi Perilaku Hiperaktif Siswa dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Kelas 1 di SD Inpres 1 Lolu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Program Studi Sarjana, Universitas Tadulako, Pembimbing Herlina. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bahwa siswa terduga hiperaktif memiliki perilaku hiperaktif berdasarkan indikator-indikator perilaku hiperaktif yang muncul pada diri siswa, dan mendeskripsikan implikasi perilaku siswa terduga hiperaktif dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan identifikasi siswa terduga memiliki perilaku hiperaktif berdasarkan skor indikator yang muncul yaitu 11, masuk di kategori <15 “dicurigai hiperkinetik dan dapat dikonsultasikan ke seorang ahli (psikiater anak)”. Oleh karena itu, siswa terduga hiperaktif belum bisa dinyatakan hiperaktif. Implikasi perilaku siswa terduga hiperaktif dalam pembelajaran terbagi menjadi 3 kategori yakni, implikasi terhadap dirinya sendiri, implikasi terhadap guru, dan implikasi terhadap teman-teman. Implikasi terhadap dirinya sendiri adalah perilaku siswa terduga hiperaktif membuat dirinya kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan sekolah/tugas-tugas yang diberikan, kemudian implikasi terhadap guru adalah perilaku siswa terduga hiperaktif membuat guru kewalahan dalam mengajar siswa terduga hiperaktif dikarenakan siswa terduga hiperaktif tidak mengikuti instruksi dari guru, dan implikasi terhadap teman-teman adalah perilaku siswa terduga hiperaktif membuat teman-temannya merasa terganggu tingkat kefokusannya dikarenakan perilaku siswa terduga hiperaktif yang sering berjalan-jalan di dalam kelas pada saat pembelajaran. Kata Kunci: Identifikasi; Hiperaktif; Implikasi; Pembelajaran |