JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SDN TONGKU |
Nama: SAKINAH MAJRAN. B |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK SAKINAH MAJRAN B, 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar pada Mata Pelajaran Sains di Kelas IV SDN Tongku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Andi Imrah Dewi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran Sains dikelas IV SDN Tongku. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dalam setiap siklus melalui empat tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Tongku dengan jumlah siswa 7 orang, 3 orang siswa laki-laki dan 4 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tindakan siklus I nilai rata-rata daya serap klasikal siswa mencapai 70% serta ketuntasan belajar klasikal 57,15%. Pada siklus II nilai rata-rata daya serap klasikal siswa 90% serta ketuntasan beajar klasikal 100%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan daya serap minimal 63?n ketuntasan belajar klasikal memperoleh nilai minimal 70%. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN Tongku pada mata pelajaran Sains dengan menggunakan media gambar dapat meningkat dengan baik. Kata Kunci : Hasil Belajar, Mata Pelajaran Sains, Media Gambar |