JudulPenerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Di SDN 2 Tatura |
Nama: MIMIN APRILIA TURIP |
Tahun: 2022 |
Abstrak Mimin Aprilia Turip (2021). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPS SDN 2 Tatura. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 2 Tatura, melibatkan 12 orang siswa terdiri atas 6 orang laki-laki dan 6 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan diperoleh ketuntasan klasikal 50?n daya serap klasikal 56,66%. Pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 66,66?n daya serap klasikal 65,97% sedangkan pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal ?n daya serap klasikal 84,02%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 70?n ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS di SDN 2 Tatura. Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS |