Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aku Bangga Dengan Daerah Tempat Tinggalku Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Student Fasilitator And Explaining Kelas IV SD Negeri Tanamodindi
Nama: SITI SULFIRA.SURYADI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK SITI SULFIRA SURYADI. 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Aku Bangga dengan Daerah Tempat Tinggalku Menggunaan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining Kelas IV SD Negeri Tanamodindi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Muhammad Aqil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar muatan IPS pada materi Keragaman Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV SD Negeri Tanamodindi, menggunakan model Student Facilitator and Explaining. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus meliputi beberapa tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Sumber data yang digunakan yaitu kelas IV SD Negeri Tanamodindi yang berjumlah 26 siswa, penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang di dapatkan berupa hasil belajar siswa pada muatan IPS materi Keragaman Sumber Daya Alam. Penelitian ini menunjukkan Student Facilitator and Explaining meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus 1 Presentasi ketuntasan klasikal 69,23?n Presentasi daya serap klasikal 83,84% kemudian pada siklus 2 peningkatan presentasi ketuntasan klasikal 100?n presentasi daya serap klasikal 98,84%. Hal ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, model Student Facilitator and Explaining.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up