JudulMeningkatkan Pemahaman Materi Dalam Pembelajaran IPS Melalui Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Lolu. |
Nama: NOVITA CICI ALSA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Novita Cici Alsa, 2022. “Meningkatkan Pemahaman Materi Dalam Pembelajaran IPS Melalui Diskusi Kelompok Pada siswa kelas IV SD Inpres Lolu.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Andi Imrah Dewi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman materi dalam pembelajaran IPS melalui diskusi kelompok pada siswa kelas IV SD Inpres Lolu. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan rancangan penelitian mengikuti model spiral Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan selama dua siklus Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitaian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Lolu dengan jumlah siswa sebanyak 28 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil tes awal di peroleh nilai rata-rata 5,71?n ketuntasan belajar klasikal 35.71%. maka dilakukan pembelajaran dengan metode diskusi kelompok pada siklus I, proses belajar mengajar dikategorikan masih kurang dengan nilai rata-rata 69,5?n ketuntasan belajar klasikal 71,4%. Setelah melakukan refleksi pada siklus I, peneliti melakukan proses pembelajaran pada siklus II proses belajar mengajar mengalami peningkatan dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 87,3?n ketuntasan belajar klasikal 95,2%. Kata kunci : Diskusi Kelompok, Pemahaman siswa, Pembelajaran IPS. |