JudulHUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 16 SIRENJA |
Nama: MUHAMMAD SYAFRI GAWI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Muhammad Syafri Gawi, 2024. Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 16 Sirenja. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Rizal, S.Ag., M.Pd. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 16 Sirenja. Jenis Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa di SDN 16 Sirenja. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 14 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket untuk mengetahui hubungan sosial orang tua dengan hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan dukungan sosial orang tua dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa indonesia masuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai signifikan dengan taraf 5% yaitu 0,000 < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh hubungan dukungan sosial orang tua dengan hasil belajar pada pembelajaran bahasa indonesia kelas IV SDN 16 Sirenja. Kata Kunci: Dukungan Sosial Orang Tua, Hasil Belajar |