JudulPENGARUH MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS SDN 2 TATURA |
Nama: LIVHIA S |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Livhia S. (2022). “ Pengaruh Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS SDN 2 Tatura “. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Dr. Andi Imrah Dewi, S.Pd M.Sn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS SDN 2 Tatura . Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang siswa, 12 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki – laki. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial dan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran sebelum menggunakan multimedia (tes awal) pada mata pelajaran IPS diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 51,92 dan pembelajaran setelah menggunakan multimedia (tes akhir) pada mata pelajaran IPS dengan rata-rata hasil belajar sebesar 85,57 dengan selisih rata-rata tes awal dan tes akhir adalah 35,19%. Analisis t-hitung diperoleh 9,140 dan dikonsultasikan pada taraf signifikan(t-s) 5% (0,05), dan d.b (N-1) = 26-1 = 25 maka t-tabel = 2,060 dari hasil analisis data tersebut bahwa t-hitung > dari t-tabel atau 9,140 > 2,060. Karena diketahui thitung> dari t-tabel ini berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak, atau hipotesis alternatif (Ha) diterima . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh multimedia terhadap hasil belajar IPS kelas IV SDN 2 Tatura. Kata Kunci : Multimedia, Hasil Belajar, IPS |