JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IB SDN 2 Tatura |
Nama: TRI WULANDARI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Tri Wulandari (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada SDN 2 Tatura Kelas IV. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal, S.Ag., M.Pd Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Terdiri beberapa aspek tindakan dan pengamatan utama yaitu peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ips di Kelas IV SDN 2 Tatura. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Tatura, melibatkan 14 orang siswa terdiri atas 5 orang laki-laki dan 9 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 64,28?n daya serap klasikal 67,85%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100?n daya serap klasikal 77,85%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan nilai ketuntasan belajar klasikal minimal 80?n daya serap klasikal minimal 65%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN 2 Tatura. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Kooperatif tipe Jigsaw, IPS |