JudulPemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 4 Tomado |
Nama: REGINA TRINATASYA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Regina Trinatasya. 2021. Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 4 Tomado. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Pembelajaran pada abad ke-21 didesain dengan berdasar pada pendekatan belajar kontekstual konstruktivis. Melalui desain ini, siswa kelas IV SDN 4 Tomado akan dibiasakan untuk membangun pengetahuannya sendiri berdasarkan konteks nyata yang bermakna bagi dirinya melalui kegiatan saintifik seperti pengamatan, eksperimen, observasi, maupun melakukan atiktivitas pengumpulan informasi dari berbagai sumber melalui kegiatan wawancara atau kegiatan sejenis lainnya. Metode penelitian menggunakan rancangan model hopkins, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tempat pelaksanaan penelitian adalah di SDN 4 Tomado, Subyek penelitian sebanyak 12 orang siswa, yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 2 orang siswa perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan aktivitas siswa sebesar 15,33%, pada siklus I diperoleh kategori cukup (71,33%), meningkat pada siklus II kategori sangat baik (86,66%). Peningkatan aktivitas guru sebesar 14,66%, pada siklus I diperoleh kategori baik (76%), dan siklus II kategori sangat baik (90,66%). Data hasil belajar siswa untuk daya serap klasikal (DSK) pratindakan (57,50%), siklus I (74,14%) dan siklus II (85,83%) peningkatan sebesar 11,69%. Untuk ketuntasan belajar klasikal (KBK) pratindakan (41,66%), siklus I (75%) dan siklus II (100%) peningkatan sebesar 25%. Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik berbasis lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di kelas IV SDN 4 Tomado. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Lingkungan, Hasil belajar. |