JudulHUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SBDP KELAS V DI SD GKST TARIPA |
Nama: DONALD EFATA TAMPUSU |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Hasil penelitian yang dilakukan tentang hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBdP kelas V SD GKST Taripa., dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Motivasi belajar adalah suatu daya penggerak atas suatu dorongan internal maupun eksternal pada seorang siswa untuk melakukan suatu perubahan dalam belajar untuk mencapai hasil belajar secara optimal. Hasil analisis data mengenai hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBdP dimana r hitung > r tabel atau 0.509 > 0.444 artinya hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Ini berarti terdapat korelasi yang signifikan antara hubungan motivasi belajar (Variabel X) dan hasil belajar (variabel Y). Pada taraf signifikan 5?ngan demikian hipotesis penelitian ini berbunyi “Ada hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBdP kelas V SD GKST Taripa.. Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa |