Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD INPRES 4 BIROBULI
Nama: SATYA WIDYA SANTI
Tahun: 2023
Abstrak
Satya Widya Santi, 2023. Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Inpres 4 Birobuli. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Andi Imrah Dewi, S.Pd., M.Sn. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Inpres 4 Birobuli dengan menggunakan metode diskusi. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan rancangan penelitian mengikuti model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan selama dua siklus Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres 4 birobuli dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Data selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil tes awal diperoleh nilai rata-rata 58,9?n ketuntasan belajar klasikal 39,28%. maka dilakukan pembelajaran dengan metode diskusi pada siklus I, proses belajar mengajar dikategorikan masih kurang dengan nilai rata-rata 64,6?n ketuntasan belajar klasikal 57,14%. Setelah melakukan refleksi pada siklus I, peneliti melakukan proses pembelajaran pada siklus II proses belajar mengajar mengalami peningkatan dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 75,7?n ketuntasan belajar klasikal 96,42%. Kata Kunci: Metode Diskusi, Hasil Belajar, dan Pembelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up