Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI TANAMODINDI PADA TEMA 1 “ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA” MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA ANIMASI POWTOON
Nama: HIDAYAT
Tahun: 2024
Abstrak
HIDAYAT (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Tanamodindi pada Tema 1 'Organ Gerak Hewan dan Manusia' Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Animasi Powtoon. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Ratman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri Tanamodindi melalui penggunaan media animasi Powtoon pada mata pelajaran IPA. Penelitian tindakan mengacu pada model Hopkins yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I diperoleh presentase 70,83%, pada siklus II 85,42%, dengan presentase peningkatan aktivitas guru yaitu 14,59%. Untuk aktivitas siswa, pada siklus I diperoleh presentase 65,91?n meningkat menjadi 84,09% pada siklus II sehingga presentase peningkatan aktivitas siswa sebesar 18,18%. Ini menunjukkan bahwa pada aktivitas guru dan siswa pada siklus I masuk kategori cukup, sedangkan pada siklus II aktivitas guru dan siswa berada dalam kategori sangat baik. Hasil belajar diperoleh presentase daya serap klasikal pada siklus I mencapai 67,10?n pada tindakan siklus II meningkat menjadi 82,90%, sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I mencapai 74,19?n pada siklus II mengalami peningkatan dengan presentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 93,55%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media animasi Powtoon pada pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri Tanamodindi. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, IPA, Media Animasi Powtoon"

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up