JudulMENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS 1 SD INPRES 4 BIROBULI DENGAN MENERAPKAN METODE BERNYANYI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL |
Nama: APRILIA RIA SONIA PONDAAG |
Tahun: 2022 |
Abstrak Aprilia Ria Sonia Pondaag, 2022. “Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas 1 SD Inpres 4 Birobuli Dengan Menerapkan Metode Bernyanyi Menggunakan Media Audio Visual”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Yun Ratna Lagandesa, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas 1 SD Inpres 4 Birobuli dengan menerapkan metode bernyanyi mengunakan media audio visual. Penelitian tindakan mengacu pada model Arikunto yang meliputi perencanaan, tindakan , pengumpulan data, dan menganalisa data atau informasi untuk memutuskan sejauh mana kelebihan atau kelemahan tindakan tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru siklus I diperoleh presentase 69,23%, pada siklus II 82,69% presentase peningkatan aktivitas guru yaitu 13,46%. Untuk aktivitas siswa siklus I diperoleh 65?n meningkat menjadi 86,11% pada siklus II sehingga presentase peningkatan aktivitas siswa 21,11%. Ini menunjukan bahwa pada aktivitas guru dan siswa pada siklus I masuk kategori cukup sedangkan pada siklus II aktivitas guru dan siswa berada dalam kategori baik. Dan berdasarkan hasil penelitian diperoleh presentase hasil tes awal siswa dengan nilai rata-rata 62,62?n presentase belajar klasikal siswa hanya mencapai 37,93%. Kemudian hasil tes membaca pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 66,65% sedangkan presentase belajar kalasikal siswa hanya mencapai 44,82?n pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata mencapai 78,37% sedangkan presentase belajar klasikal siswa mencapai 89,65%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bernyanyi menggunakan audio visual dapat meningkatkan minat membaca siswa kelas 1 SD Inpres 4 Birobuli. Kata Kunci: Minat Membaca, Metode Bernyanyi, Media Audio Visual |