JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI KELAS V SDN 2 TATURA |
Nama: APRILIA MEWANDA KALARA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Aprilia Mewanda Kalara (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Melalui Penggunaan Media Animasi Kelas V SDN 2 Tatura. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal, S.Ag., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN 2 Tatura melalui penggunaan media animasi pada mata pelajaran IPS. Penelitian tindakan mengacu pada model Kemmis dan Mc.Taggart meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I diperoleh presentase 64,29%, pada siklus II 89,28% presentase peningkatan aktivitas guru yaitu 20,83%. Untuk aktivitas siswa siklus I diperoleh presentase 66,07?n meningkat menjadi 91,07% pada siklus II sehingga presentase peningkatan aktivitas siswa 25%. Ini menunjukan bahwa pada aktivitas guru dan siswa pada siklus 1 masuk kategori cukup sedangkan pada siklus II aktivitas guru dan siswa berada dalam kategori sangat baik. Hasil belajar diperoleh presentase daya serap klasilal pada siklus I mencapai 65,71?n pada tindakan siklus II meningkat menjadi 84,76% sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada siklus 1 mencapai 57,14?n pada siklus II mengalami peningkatan dengan presentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 90,47%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media animasi pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN 2 Tatura. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, IPS, Media Animasi |