Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPemanfaatan Lingkungan Sekitar Pada Pembelajaran SBdP Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II Di SDN Inpres 1 Kawatuna
Nama: MELIN NGGODULANO
Tahun: 2025
Abstrak
Melin Nggodulano, (2025). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Pada Pembelajaran SBdP untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 2 Di SDN Inpres 1 Kawatuna. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Herlina. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan dan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2 di SDN Inpres Kawatuna menggunakan lingkungan sekitar pada pembelajaran SBdP. Pada pembelajaran SBdP, memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar sering dilakukan salah satunya yaitu dengan cara pembuatan cat warna Menggunakan tumbuh-tumbuhan yang ada pada lingkungan sekitar sekolah. Dengan cara Mengajak peserta didik melakukan praktek pembuatan cat warna mengunakan tumbuhan yang tumbuh pada sekitar lingkungan sekolah, Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 2 SDN Inpres Kawatuna, melibatkan 28 orang peserta didik yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini Menggunakan desaian model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas dua siklus. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yaitu data kualitatif (data yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa) dan data kuantitatif (data berupa angka- angka yang diperoleh dari hasil evaluasi akhir siswa menggunakan tes). Hasil penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran SBdP mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I 66,67% pada siklus II meningkat menjadi 86,95%, selain itu hasil observasi peserta didik meningkat pada siklus I 57,3?ngan kategori cukup dan siklus II meningkat 80?ngan kategori baik; (2) pemanfaatan lingkungan sekitar membuat peserta didik lebih mudah memahami Masalah yang diberikan serta memotivasi peserta didik untuk lebih dalam membangun pengetahuan untuk menyelesaikan masalah; dan (3) Dengan kelompok peserta didik mampu untuk bekerja sama. Kata kunci : Pemanfaatan Lingkungan Sekitar, Hasil belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up