JudulSTRATEGI PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI KELAS V SDN LONJA |
Nama: MUHAMMAD ADIL DWIPUTRA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSRAK Muhammad Adil Dwiputra, (2022). Strategi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Kelas V SDN Lonja, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr Zulnuraini S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Kelas V SDN Lonja. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran guru: (a) Perencanaan strategi: guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penggunaan metode pembelajaran berpusat pada metode luring melalui materi yang diantarkan oleh guru kerumah siswa. Media pembelajaran yang digunakan adalah buku guru, buku siswa dan buku tematik kelas V tema 4. (b) Pelaksanaan strategi: kegiatan pra-pembelajaran yaitu kegiatan pedahuluan untuk menyiapkan siswa mengikuti pembelajaran dan kegiatan pembelajaran sama sekali tidak melibatkan jaringan internet dan intranet. (c) Evaluasi dan penilaian: bentuk evaluasi berupa tes sebegai alat ukur untuk pencapaian tujuan pembelajaran, seperti soal pilihan ganda yang berkaitan dengan materi yang sudah di ajarkan kepada peserta didik, dan penilaiannya melalui rubrik berkreasi. (2) Kendala dalam proses pembelajaran selama masa pandemi (a) Tidak semua siswa kelas V memiliki HP Android, (b) Keterbatasan orang tua siswa membeli pulsa data. Kata kunci : Strategi Guru, Masa Pandemi |