JudulDAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD INPRES 6 LOLU |
Nama: SRI ALVINA A. TACAALI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Sri Alfina A. Tacaali, 2021. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Inpres 6 Lolu. Skrips. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah Tujuan penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui apa saja upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah selama pembelajaran daring di kelas II SD Inpres 6 Lolu agar proses pembelajaran tetap berlangsung. (2) untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran daring di kelas II SD Inpres 6 Lolu, (3) untuk mengetahui dampak pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas II SD Inpres 6 Lolu Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data atau subjek penelitian adalah Kepala sekolah, guru, dan siswa kelas II SD Inpres 6 Lolu. Jumlah siswa sebanyak 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam wawancara ini adalah kepala sekolah, dan wali kelas II SD Inpres 6 Lolu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas II SD Inpres 6 Lolu dapat disimpulkan Berbagai upaya yang dilakukan pihak sekolah agar pembelajaran daring tetap berlangsung. Upaya tersebut seperti memfasilitasi proses pembelajaran daring dengan menyediakan paket data, buku paket, dan modul. pelaksanaan pembelajaran daring sudah sesuai dengan standar pendidikan yang diberlakukan dan memberikan dampak yang baik terhadap hasil belajar siswa. Pembelajaran daring berdampak positif terhadap hasil belajar siswa hal ini dibuktikan pada saat siswa sebelum pembelajaran daring memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,59. Setelah pelaksanaan pembelajaran daring diperoleh nilai rata-rata sebesar 90,99. Setelah pembelajaran daring dilaksanakan siswa juga lebih memahami penggunaan teknologi informasi yang terus berkembang. Kata Kunci: Dampak Pembelajaran Daring, Hasil belajar. |