JudulAnalisis Peran Guru Dalam Membangkitkan Minat Belajar Siswa Di SD Al-khairaat Donggulu |
Nama: NOFRIANTI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nofrianti (2022). Analisis Peran Guru Dalam Membangkitkan Minat Belajar Siswa di SD Al-khairaat Donggulu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing MuhammadAqil Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Peran Guru Dalam Membangkitkan Minat Belajar Siswa di SD Al-khairaat Donggulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ada sepuluh cara yang dilakukan oleh guru dalam menjalankan perannya sebagai motivator. Namun, dari hasil penelitianyang dijelaskan diatas, hanya terdapat delapan cara guru dalam menjalankan perannya sebagai motivator. Delapan cara tersebut yakni: menggunakan metode yang variatif, menciptakan persaingan atau kompetisi, memberi evaluasi atau ulangan, memberi nilai atau angka, memberitahukan hasil belajar, memberi hadiah, memberi pujian, dan memberi hukuman. Sedangkan dua cara yang tidak terlihat selama penelitian yakni membantu kesulitan belajar dan membentuk kebiasaan yangbaik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari Analisis Peran Guru Dalam Membangkitkan Minat Belajar Siswa di SD Al-khairaat Donggulu, adalah 1) Menggunakan metode yang bervariasi, 2) Menciptakan persaingan/kompetisi, 3) Memberi evaluasi/ulangan, 4) Memberinilai atau angka, 5) Memberitahukan hasil belajar siswa, 6) Memberi hadiah kepada siswa, 7) Memberi pujian, 8) Memberi hukuman jika tidak mengerjakan tugas. Kata Kunci: Analisis Peran Guru Dalam Membangkitkan Minat Belajar Siswa di SD Al-Khairaat Donggulu |