JudulHUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN GURU BERKOMUNIKASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 20 PALU |
Nama: NASRUN |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nasrun, (2022). Hubungan Kemampuan Guru Berkomunikasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV di SDN 20 Palu, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, jurusan ilmu pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Anjar Kusuma Dewi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan guru berkomunikasi dengan prestasi belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis dekskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian adalah 28 siswa kelas IV di SDN 20 Palu yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan teknik deskriptif dan teknik inferensial yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang Hubungan Antara Kemampuan Guru Berkomunikasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV di SDN 20 Palu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 18 orang siswa (64%) yang menyatakan bahwa kemampuan guru berkomunikasi sangat baik 10 siswa (36%) yang menyatakan kemampuan guru berkomunikasi baik. Sedangkan presentasi belajar siswa 24 siswa (86%) prestasi belajarnya baik sekali dan empat siswa (14%) memiliki prestasi belajarnya baik. Berdasarkan data yang ditemukan diproleh rhitung 0,731 dan rtabel 0,374. Artinya Ha (hipotesis alternatif) diterima dan Ho (hipotesis nol) ditolak. Maka ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan guru berkomunikasi dengan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN 20 palu. Kata Kunci : Kemampuan Guru Berkomunikasi, Prestasi Belajar Siswa |