Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran SBDP Di SD Inpres 2 Tanamodindi
Nama: DITHA PUSPITA AZZAHRA
Tahun: 2023
Abstrak
Ditha Puspita Azzahra, 2023. Pemanfaatan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran SBdP di SD Inpres 2 Tanamodindi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Andi Imrah Dewi, S.Pd.,M.Sn. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. PTK merupakan penelitian yang diawali dengan perencanaan, adanya perlakuan terhadap subjek penelitian, dan evaluasi hasil yang dicapai sesudah perlakuan. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah dengan pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran SBdP pada siswa kelas VSD Inpres 2 Tanamodindi ? ‘’sedangkan tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran SBdP melalui pemanfaatan media gambarpadasiswakelas VSD Inpres 2 Tanamodindi yang berjumlah 27 siswa, 11 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik kualitatif dan kuantitatif. Hasil tindakan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I memperoleh presentase 80% (baik), hasil presentase observasi aktivitas siswa memperoleh prsentase 70% (cukup), hasil analisis tes akhir memperoleh skor ketuntasan belajar klasikal yaitu 51% (cukup) dan daya serap klasikal memperoleh presentase 62%(cukup).PadasiklusIIhasil observasi aktivitas guru memperoleh presentase 93,33% (sangat baik),sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh presentase 90% (sangatbaik), analisis hasil tes akhir memperoleh skor ketuntasan belajar klasikal85,18% (sangat baik) dan daya serap klasikal memperoleh 76,85% (sangat baik). Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah SD Inpres 2 Tanamodindi yaitu 65 untuk ketuntasan belajar klasikal (KBK) yaitu 80%. Peningkatan hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta hasil tes akhir disetiap akhir tindakan diperoleh berdasarkan perbaikan yang dilakukan pada siklus II. Berdasarkan indikator kinerja maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres 2 Tanamodindi. KataKunci:Hasil belajar SBdP,Pemanfaatan MediaGambar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up