Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBdP Di Kelas IV SDN 4 Tinigi
Nama: MUNIRA
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBdP di kelas IV SDN 4 Tinigi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif (eksperimen), dengan menggunakan desain pre-eksperimental dalam desain pra-eksperimental dengan model desain one group pretest-posttest. Populasi penilitian ini seluruh kelompok siswa kelas IV SDN 4 Tinigi, yaitu 17 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sensus/sampling total. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes, tes diberikan sebelum diberikan perlakuan (pretes) dan tes diberikan setalah diberikan perlakuan (posttest). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial dengan menggunakan rumus statistik korelasi product momen (angka kasar) untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya ada pengaruh yang signifikan antara media audio visual dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut r hitung = 0,789 > r tabel = 0,4821. pada taraf signifikansi 5% (0,4821), maka r hitung lebih besar dari r tabel. Nilai t tabel pada df = N-2 (17-2=15) pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,131. berarti 6,311 > 2,131, atau hipotesa alternative diterima. Maka dapat ditarik kesimpulannya yaitu, hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBdP di kelas IV SDN 4 Tinigi yaitu adanya pengaruh positif setelah menggunakan media audio visual dibandingkan dengan sebelum menggunakan media audio visual.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up