Judul ANALISIS PERAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV A SD INPRES 3 TALISE |
Nama: FHATMAWATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Fhatmawati (2022), Peran Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IVA SD Inpres 3 Talise. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muhammad Aqil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peran guru terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV A SD inpres 3 talise. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, angket dan dokumentasi sedangkan alat pengumpulan datanya adalah pedoman wawancara, lembar angket dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia itu dikatakan sudah baik, dari hasil keseluruhan angket terdapat 21 siswa yang memiliki klasifikasi pencapaian masuk dalam kriteria tinggi pada peran guru terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia kelas IVA SD Inpres 3 Talise, sedangkan 1 siswa yang memiliki klasifikasi pencapaian masuk dalam kriteria sedang, dimana guru dalam menjalankan perannya itu sudah baik, guru dalam melaksanakan pembelajaran itu perlu memberikan petunjuk dan tujuan yang jelas. Guru telah berupaya untuk menjalankan tugasnya dalam mendidik dengan menjawab pertanyaan dari siswa yang masih belum mengerti. Kata Kunci : Peran guru, hasil belajar siswa |