Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN METODE BELAJAR AKTIF TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN AMBESIA
Nama: RIAN
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Rian (2022) Penerapan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Teamuntuk Meningkatkan Hasil Belajarips Siswa Kelas V SDN AMBESIA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui. penerapan metode belajar aktif tipe quiz team untuk meningkatkan hasil belelajar ips siswa kelas V SDN ambesia, Jenis penelitian dalam Penelitian ini adalah jenis penelitian PTK ( Penelitian Tindakan Kelas ). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN ambesia. Tahun Ajaran 2021/2022 dengan jumlah peserta didik sebanyak 29 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Dari hasil penelitian penerapan metode belajar aktif tipe quiz team terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN ambesia berlangsung cukup efektif. Guru melakukan proses yaitu perencanaan (RPP,kartu soal, buku dan media lainnya), pelaksanaan (siswa di buat tiga kelompok dan perwakilan satu kelompok membacakan materi yang sudah di tentukanoleh guru), dan valuasi (memberikan tanya jawab dan meberikan soal kepada kelompok yang mendengarkan). Problematika yang dialami guru dalam penerapan metode belajar aktif tipe quiz team untuk meningkatkan hasil belajar ips kelas V SDN ambesia adalah keterbatasan fasilitas, kurangnya dampingan orang tua pada saat belajaran di rumah sehingga ada beberapa siswa yang belum terlalu lancar dalam membaca, dan keluhan siswa mengenai tugas yang sangat menumpuk. Kata Kunci : Metode Belajar Tipe Quiz Team

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up