Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES 2 KAMARORA
Nama: WINARSIH
Tahun: 2022
Abstrak
Winarsih, 2022. Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kamarora. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Zulnuraini. Permasalahan pada penelitian ini adalah Apakah dengan penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Inpres 2 Kamarora ?" sedangkan tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA melalui penerapan model PBL pada siswa kelas IV SD Inpres 2 Kamarora. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Inpres 2 Kamarora yang berjumlah 19 orang siswa, 10 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik kualitatif dan kuantitatif. Hasil tindakan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 80% (baik), hasil persentase observasi aktivitas siswa memperoleh persentase 70% (cukup), hasil analisis tes akhir memperoleh skor ketuntasan belajar klasikal yaitu 63,15% (cukup), dan daya serap klasikal memperoleh presentase 67,10% (baik). pada siklus II hasil observasi aktivitas guru memperoleh persentase 93,3% (sangat baik), sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh persentase 90% (sangat baik), analisis hasit tes akhir memperoleh skor ketuntasan belajar klasikal yaitu 89,47% (sangat baik), dan daya serap klasikal memperoleh 76,05% (sangat baik). Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang di tetapkan Sekolah SD Inpres 2 Kamarora yaitu 65 untuk ketuntasan belajar klasikal (KBK) yaitu 80%. Peningkatan hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta hasil tes akhir di setiap akhir tindakan diperoleh berdasarkan perbaikan yang dilakukan pada siklus II. Berdasarkan Indikator kinerja maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran PBL, dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 2 Kamarora. Kata Kunci : Hasil belajar IPA, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up