Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPeran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Secara Daring Di Kelas IV SD Inpres Jono Oge
Nama: NURAINI
Tahun: 2022
Abstrak
Nuraini (2022), “Peran Guru Sebagai Motivator dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran IPA Secara Daring di Kelas IV SD Inpres Jono Oge”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Nur Rahmah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPA secara daring di kelas IV SD Inpres Jono Oge. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SD Inpres Jono Oge. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan sebanyak 6 orang siswa kelas IV SD Inpres Jono Oge. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sebagai motivator pada pelajaran IPA sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Peran guru sebagai motivator yang dilakukan guru kelas IV SD Inpres Jono Oge yaitu: a) memberi angka/nilai pada setiap tugas yang diberikan, b) memberikan pujian dan tepuk tangan pada siswa yang berprestasi, c) membuat persaingan/kompetisi pada siswa dengan saling berebut untuk menjawab pertanyaan yang diajukan guru, d) memberi ulangan pada setiap selesai materi yang dilakukan pada akhir pekan, e) menyampaikan hasil pencapaian belajar kepada siswa dan orang tua, f) menciptakan suasana yang menyenangkan oleh guru dengan melibatkan siswa secara aktif, g) menumbuhkan minat belajar siswa melalui guru menyesuaikan proses pembelajaran dengan buku panduan dan diselingi cerita untuk membangkitkan semangat siswa, h) Guru memberikan keringanan terhadap waktu pengumpulan tugas. Peran guru sebagai motivator dalam pembelajaran daring ini mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada nilai ulangan harian sebelum pembelajaran daring daya serap seluruh siswa yaitu 76.06 dan nilai ulangan harian pada saat pembelajaran daring yaitu 80.55 ada peningkatan sebesar 4%. Kata Kunci : Peran Guru IPA, Motivator, Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar Siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up