JudulPenerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKN Di Kelas V SDN 1 Emea |
Nama: ROVINA.K |
Tahun: 2023 |
Abstrak Rovina k (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas V SDN 1 Emea. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal S.Pd.,M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn kelas V SDN 1 Emea melalui metode pembelajaran Problem Solving. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di kelas V SDN 1 Emea. Subyek penelitian melibatkan 25 siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan 1 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan hasil tes pra tindakan dengan presentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 40?n daya serap klasikal 57.3?ngan hasil nilai rata-rata mencapai 59,6%. Siklus I dengan perolehan presentase ketuntasan klasikal 56?n daya serap klasikal 61,9%, meningkat pada siklus II dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 84?n daya serap klasikal 81,1%. Aktivitas guru pada siklus I 72,5?ngan kriteria baik, pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 85?ngan kriteria sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 66,6?ngan kriteria baik, pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 88,8?ngan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa metode pembelajaran. Problem solving dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SDN 1 Emea. Kata Kunci:Metode Pembelajaran Problem Solving, Hasil Belajar PKn. |