JudulPENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 7 TAIPA |
Nama: RISKA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Riska (2022), Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA kelas IV di SDN 7 Taipa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muhammad Aqil., S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV di SDN 7 Taipa. Penelitian ini dilakukan di SDN 7 Taipa. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan Desain Pre-Experimental Designs menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 10 siswa. Dalam peneltian ini, pengambilan data dilakukan dengan tes hasil belajar (Pretest dan Posttest), non tes berupa observasi kegiatan pembelajaran, angket media dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan memperoleh nilai yang lebih tinggi dengan nilai rata-rata yaitu 68 dari pada sebelum diberikan perlakuan dengan nilai rata-rata yaitu 55. Setelah dilakukan uji hipotetsis menggunakan uji Wilcoxon diperoleh Zhitung sebesar 2,52 dan Ztabel sebesar 8 pada taraf signifikan 5% (0,05). Dengan demikian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum diberikan perlakuan. Oleh karena itu, hasil akhir menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar, dengan hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan penelitian tersebut Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 7 Taipa pada mata pelajaran IPA materi tumbuhan padi. Kata kunci: Media animasi, hasil belajar, IPA |