Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MENGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SDN KOROBONDE
Nama: SHINDY FATIHAH SARI
Tahun: 2022
Abstrak
SHINDY FATIHAH SARI. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dikelas IV SDN Korobonde. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Rizal,S.Ag,M.Pd. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Korobonde pada mata pelajaran IPS. Salah satu faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah adalah metode mengajar yang selama ini digunakan cenderung membuat siswa pasif dan berpusat pada guru. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Korobonde. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD terdiri dari 6 fase yaitu: 1). Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2). Menyajikan/ menyampaikan informasi, 3). Mengorganisasi siswa dalam kelompok-kelompok belajar, 4). Membimbing kelompok bekerja dan belajar, 5). Evaluasi, dan 6). Memberikan penghargaan. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus diisi dengan dua kali pertemuan. Dari hasil penelitian Siklus I, ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 sebesar 80?n rata-rata nilai belajar siswa sebesar 72. Pada pertemuan pertama observasi kegiatan guru diperoleh 82?n observasi kegiatan siswa diperoleh 86% sedangkan pada pertemuan dua observasi kegiatan guru diperoleh 86?n observasi kegiatan siswa diperoleh76%, pada siklus II pertemuan pertama observasi kegiatan guru diperoleh 88?n observasi kegiatan siswa diperoleh 91% sedangkan pada pertemuan kedua observasi kegiatan guru diperoleh 94?n observasi kegiatan siswa diperoleh 95%. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 90?n nilai rata-rata 73. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS siswa dikelas IV SDN Korobonde. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up