JudulPERANAN GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES 2 NAMBARU |
Nama: NI PUTU LINDA SRIJATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Ni Putu Linda Srijati, (2022). “Peranan Guru Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD Inpres 2 Nambaru”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Yun Ratna Lagandesa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas V SD Inpres 2 Nambaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif. Penelitian dilakukan di SD Inpres 2 Nambaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan sebanyak 4 orang siswa kelas V SD Inpres 2 Nambaru. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah dengan Obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan guru melakukan tujuh peran dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas V SD Inpres 2 Nambaru. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) Guru sebagai sumber belajar, (2) Guru sebagai fasilitator, (3) Guru sebagai demonstrator, (4) Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang mengalai kesulitan dalam belajar, (5) Guru sebagai pengelola kelas, (6) Guru memberikan motivasi, (7) Guru mengevaluasi hasil belajar siswa. Kata Kunci : Peran guru, kesulitan belajar siswa. |