Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTUDI KASUS TENTANG RENDAHNYA HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI SDN INPRES JONO OGE
Nama: MELIA SRI WAHYUNI
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Melia Sri Wahyuni 2022. Studi Kasus Tentang Rendahnya Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS di SDN Inpres Jono Oge. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS di SDN Inpres Jono Oge. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor rendahnya hasil belajar IPS pada siswa di SDN Inpres Jono Oge. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan VI di SDN Inpres Jono Oge. Responden ditinjau dari hasil ujian tengah semester I tahun ajaran 2021/2022 yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Untuk mendeskripsikan digunakan analisis deskriprtif. Dari 29 siswa yang menjadi responden terdapat 25 siswa atau 86,2 % yang memiliki hasil belajar yang tinggi, dan 4 siswa atau 13,7 % yang memiliki hasil belajar yang rendah. Rendahnya hasil belajar IPS disebabkan karena 2 faktor yaitu : faktor internal merupakan faktor yang berasal dari diri siswa yang sedang belajar yang meliputi, faktor psikologis dan fisiologi. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri siswa yang dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu : faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat. Kata kunci : Rendahnya Hasil Belajar IPS, dan Pelajaran IPS

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up