JudulKEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NOBANGAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SUKU KAILI TERHADAP NILAI KERJA SAMA SISWA KELAS IV SDN 8 MAMBORO |
Nama: MOH IKHLAS H RAHMAN |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Moh Ikhlas h. Rahman, 2021. Keefektifan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili Terhadap Nilai Kerjasama Siswa Kelas IV SDN 8 Mamboro. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Azizah,S.Si M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Nobangan berbasis permainan tradisional suku Kaili terhadap nilai kerjasama siswa kelas IV SDN 8 Mamboro. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 8 Mamboro yang berjumlah 27 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 14 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 13 orang. Pengambilan data yang dilakukan menggunakan instrumen penelitian berupa angket, Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independent sampel t-test berbantuan program SPSS Statistics versi 26. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikan 0,003 < 0,005 maka menerima hipotesis Ha dan menolak Ho, artinya model pembelajaran Nobangan efektif digunakan dalam meningkatkan nilai kerjasama siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Nobangan berbasis permainan tradisional suku Kaili efektif digunakan terhadap nilai kerjasama siswa kelas IV SDN 8 Mamboro. Kata kunci : Model Pembelajaran Nobangan, Permainan Tradisional Suku Kaili, Nilai Kerjasama |