JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS V SD AL-KHAIRAT TANAMPEDAGI |
Nama: NURUL AMALIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nurul Amalia, 2025. Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas V SD AlKhairat Tanampedagi dengan Metode Demonstrasi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas V SD Al-Khairat Tanampedagi Pada mata Pelajaran IPAS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Al-khairat Tanampedagi tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 22 orang siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah alur desain model Kemmis dan Mc Taggart. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan praktek, observasi, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yaitu data kualitatif (data yang diperoleh dari lembar observasi aktfitas guru dan aktfitas siswa) dan data kuantitatif (data berupa angka-angka yang diperoleh dari hasil evaluasi akhir siswa menggunakan tes dalam bentuk praktek). Hasil penelitian ini adalah Pada mata Pelajaran IPAS Hasil belajar siswa meningkat, yaitu pada siklus I Persentase KBK hanya mencapai 54,54% pada siklus II Persentase KBK meningkat menjadi 86,36%, selain itu hasil observasi siwa meningkat pada siklus I persentase yang dicapai adalah 70,36?ngan kategori cukup dan siklus II persentase meningkat menjadi 85,52?ngan kategori baik;. Kata Kunci : Hasil Belajar, metode demonstras |