JudulPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL MATERI KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD INPRES GUNUNG SARI |
Nama: NI KOMANG MIRA ASTUTI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual materi kalor terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Gunung Sari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Gunung Sari yang berjumlah 26 orang. Siswa kelas eksperimen berjumlah 14 orang dan siswa kelas kontrol berjumlah 12 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa soal tes pilihan ganda. Adapun analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji Normalitas dan uji Homogenitas serta pengujian hipotesis menggunakan uji Independen Sampel T-Test, yang dianalisis menggunakan program SPSS Statistik versi 26. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan nilai signifikan 0,003<0,05 maka menerima Ha dan menolak Ho, artinya media pembelajaran audio visual berpengaruh saat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Gunung Sari. Kata kunci : Media Pembelajaran Audiovisual, Hasil Belajar Siswa, IPA |