Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfektivitas Penerapan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 SDN 11 Palu
Nama: M TAUFIK HIDAYAT
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK M. Taufik Hidayat, 2022. Efektivitas Penerapan Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 11 Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mufidah, S.pd., M.pd.Belajar adalah proses dimana pendidik berinteraksi dengan siswa. Guru sebagai pendidik profesional merupakan bagian terpenting dalam proses pembelajaran karena guru secara langsung melihat siswa sebagai objek pembelajaran. Keterampilan mengajar guru merupakan kegiatan terpenting dalam proses mengajar di kelas, dan kegiatan ini akan menentukan kualitas siswa. Antusiasme guru dalam mengajar di kelas dapat dilihat dari keterampilan mengajar guru. Hal ini akan berdampak pada proses pembelajaran yang efektif, sehingga memotivasi siswa untuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran di kelas.Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan keterampilan mengajar guru dapat membuat siswa kelas V SDN 11 Palu dapat termotivasi dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian untuk membuat siswa kelas V SDN 11 Palu dapat termotivasi dalam proses pembelajaan setelah guru menerapkan keterampilan mengajar dikelas. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu kualitatif dengan subyek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 11 Palu yang berjumlah 21 siswa di antaranya 10 lakilaki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dokumentasi. Analisis data untuk mendeskripsikan digunakan teknik analisis deskriptif dengan rumus : X100 . Berdasarkan hasil analisis deskriptif dari 21 siswa yang menjadi responden yang menyatakan kriteria keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar dapat dikategorikan Sangat baik dengan klasifikasi pencapaian memiliki frekuensi 21 dengan memiliki presentasi 100%. Dari analisis tabel yang di olah menggunakan aplikasi SPSS Versi 26 nilai motivasi belajar menunjukkan angka 0,05 maka dapat dikatakan terdapat hubungan antara keterampilan mengajar terhadap motivasi belajar siswa, dan hasil dari koefisien korelasi mendapatkan nilai sebesar 0,663 maka pedoman derajat hubungan terletak di 0,61 s/d 0,80 termasuk kategori kuat. Kata kunci : Keterampilan mengajar Guru, Motivasi belajar siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up